(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
26987875
Follow Us:

Bedah Mulut & Maksilofasial

Bedah Orthognatik Dalam Atasi Permasalahan Kesehatan Gigi dan Mulut

Oleh: drg. Abdul Latief, SpBM (K) | 24 Mei 2014

Bedah rahang korektif, atau bedah orthognathik adalah suatu tindakan bedah yang dilakukan oleh Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial untuk memperbaiki berbagai kelainan bentuk maupun posisi dari gigi dan rahang (kelainan bentuk ataupun posisi), dengan tujuan memperbaiki fungsi mengunyah, bicara, dan bernafas. Meskipun bedah orthognathik juga turut memperbaiki estetika wajah, tindakan ini memiliki tujuan utama untuk mengoreksi masalah yang bersifat fungsional.

Berikut ini merupakan beberapa indikasi perlunya dilakukan bedah orthognathik : Kesulitan mengunyah atau menggigit makanan Kesulitan menelan Nyeri sendi rahang dan sakit kepala Ausnya permukaan gigi geligi Gigitan terbuka (terdapat celah antara gigi geligi rahang atas dan rahang bawah saat rahang mengatup) Bentuk wajah yang tidak seimbang dari depan atau samping Gangguan bentuk wajah bawaan atau akibat kecelakaan Dagu yang terlalu mundur atau terlalu maju Kebiasaan bernafas melalui mulut Sleep apnea (gangguan bernafas saat tidur termasuk mendengkur)

Sasaran dari tindakan bedah orthognathik adalah pasien yang memiliki gigitan silang akibat kesalahan bentuk dan letak gigi atau rahang, kelainan bawaan, maupun akibat kecelakaan. Biasanya, dokter gigi spesialis orthodonti akan mengoreksi hubungan gigi geligi (oklusi) sebelum bedah orthognathik dilakukan. Dokter gigi, dokter spesialis orthodonti, dan dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial akan bekerjasama untuk menentukan apakah anda membutuhkan bedah orthognathik. Dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial akan menentukan tindakan pembedahan apa yang tepat. Penting dipahami sebelumnya, bahwa perawatan bedah orthognathik juga kemungkinan besar melibatkan perawatan orthodonti yang membutuhkan waktu hingga gigi geligi mencapai hubungan dan susunan yang dikehendaki. Dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial serta dokter spesialis orthodonti memahami bahwa bedah orthognathi adalah suatu komitmen jangka panjang, dan akan secara realistis memperkirakan waktu yang diperlukan dari awal hingga akhir perawatan.

Bedah orthognathik dapat mengubah letak semua bagian rahang atas, rahang bawah, dan dagu. Apabila anda telah memahami kelainan apa yang anda derita dan manfaat dari bedah orthognathik, konsultasikanlah pada dokter gigi, dokter spesialis orthodonti, dan dokter spesialis bedah maksilofasial yang akan membantu anda menentukan arah perawatan yang tepat.

Untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi dokter gigi, dokter spesialis orthodonti, dan dokter spesialis bedah maksilofasial di Jakarta Dental Clinic RS Jakarta jl. Jend. Sudirman kav 49 Jakarta Selatan 12930 tlp. 021 573 2241 ext 275 / 274, jadwal praktek www.rsjakarta.co.id

Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta