(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
26987875
Follow Us:

Gigi Berlubang pada Balita

Oleh: 0 | 2015-05-04 10:48:53

Cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini menyebabkan timbulnya banyak penyakit, salah satunya sakit gigi.

Banyak faktor yang menyebabkan itu salah satunya adalah gigi berlubang.

Banyak sekali anak-anak balita yang mengalami sakit gigi karena gigi berlubang.Banyak sekali balita dengan kasus sakit gigi, gusÍ bengkak, separuh wajah bengkak, demam yang kesemuanya disebabkan gigi berlubang.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gigi berlubang:

    1. Minum susu pada malam hari. Pada malam hari, aktifitas mengunyah pada gigi tidak ada. Didalam mulut terdapat bakteri patogen dan non patogen. Kandungan gula yang terdapat pada susu dapat menempel pada gigi, sehingga merupakan makanan yang disukai bakteri patogen / berbahaya. Akibatnya bakteri patogen berkembang lebih banyak yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

    2. Anak kecil suka akan makanan Ýang manis Ðan lengket, seperti permen, biskuit, coklat, dll. Makanan yang mañis dan lengket susah dibersihkan serta lebih menempel pada gigi sehingga kemungkinan untuk menimbulkan gigi berlubang lebih besar.

    3. Kurangnya asupan sayur dan buah pada balita. Konsumsi sayur dan buah akan membuat anak mengunyah lebih lama. Jika kita mengunyah buah dan sayur, saliva yang di hasilkan akan lebih banyak dan lebih encer sehingga dapat menyebabkan ’self cleansing’ pada gigi.

    4. Sikat gigi yang kurang bersih. Kita para orang tua kadang merasa malas untuk menggosok gigi anak-anak kita. Banyak yang beralasan, ‘anak saya nangis dok’, ‘anak saya ga mau’, ‘anak saya lari’ dll. Anak kita itu masih kecil, wajar jika menangis untuk sebuah kebiasaan yang baru. Jadi jika ‘rayuan’ tidak mempan, gunakan ‘paksaan’. Pada awal-awal nangis tidak apa-apa, itu hanya berlangsung selama 1-2 minggu setelah itu dia akan terbiasa. Sikat gigi harus menggunakan pasta gigi yang mengandung floride dan kalsium.Dan jangan biarkan anak kita menggosok giginya sendiri, kita yang harus menggosoknya.

    5. Jika sudah terjadi lubang, cepat bawa ke dokter gigi untuk segera ditambal.

Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta