(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
26987875
Follow Us:

Perawatan Setelah Operasi Gigi

Oleh: 0 | 2015-05-04 09:13:40

Pasien pada umumnya, apabila mendengar kata Operasi selalu takut dan gemetar, rasa ketakutan itu timbul karena beberapa faktor baik dari alat-alat bedah yang ada didalam ruang operasi ataupun suara dari mesin operasi khususnya operasi bedah mulut. Salah satu yang paling ditakutkan oleh pasien dari operasi gigi adalah rasa sakit dan pembengkakan setelahnya.

Hal-hal tersebut dapat dikurangi dan dihindarkan dengan beberapa tips seperti dibawah ini :

    1.Diamkan bekas operasi gigi, hindari merangsang bekas luka, misalnya menyentuh dengan jari atau dengan lidah, berkumur dengan kencang, buang air liur terus menerus, dan menghisap bekas luka.

    2Jaga kebersihan mulut, setelah operasi bisa untuk mengosok gigi secara perlahan agar sisa makanan dapat keluar dan tidak tersangkut dibekas operasi, dianjurkan untuk berkumur dengan air garam (hangat).

    3Kompres, setelah operasi pasien dapat mengkompresnya dengan air dingin untuk mengurangi pembengkakan. Di hari-hari setelahnya, pasien dapat mengkompres dengan air hangat agar memperlancaran peredaran darah sehingga mempercepat penyembuhan.

    4.Minum obat sesuai petunjuk dari dokter terkait guna mempercepat proses penyembuhan.

    5.Hindari merokok, merokok mengurangi proses penyembuhan luka setelah operasi.

    6. Makan dan istirahat yang cukup, makan yang cukup dengan nutrisi yang seimbang baik untuk penyembuhan luka, istirahat dan tidak melakukan pekerjaan berat setelah operasi juga dianjurkan oleh dokter terkait.

Disarankan apabila hendak melakukan operasi bedah mulut, sebaiknya dengan dokter spesialis yang kompeten dibidangnya dan dengan didukung oleh layanan penunjang.
Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta